Belum Koordinasi, Roy Suryo Nyolong Start

6 08 2007

Jakarta – Dokumen klip Indonesia Raya yang ditemukan Air Putih seyogyanya akan dipublikasikan ke publik pada hari ini, Senin (6/8/2007). Ketika mereka sedang menunggu waktu itu tiba, Roy Suryo malah menyampaikannya terlebih dulu ke sejumlah media beberapa hari silam.

Hal tersebut disampaikan oleh Heru Nugroho, Dewan Pembina Air Putih. Menurutnya, Roy, “tanpa ada koordinasi (dengan tim Air Putih) sebelumnya, keburu memaparkan hasil penelitian terkait dengan keberadaan klip Indonesia Raya tersebut,” ujar Heru yang didampingi oleh sejumlah aktivis Air Putih semisal M. Sholahuddien, Anjar Ari Nugroho dan Ahmad Suwandi.

Ditegaskan oleh Heru, sejumlah dokumen digital berharga yang ditemukan oleh tim Air Putih tak ada niatan untuk disimpan untuk sendiri. “Bagi pihak yang membutuhkan atau ingin memanfaatkannya, kita akan berikan dengan cuma-cuma. Mas Roy Suryo adalah salah satu yang kita berikan dokumen digital tersebut sekitar 2 atau 3 bulan yang lalu,” ungkapnya kepada detikINET di kantor Air Putih di Ciomas – Kebayoran Baru, Jakarta (6/7/2007).

Nyolong Start

Setelah itu, lanjut Heru, Roy mengatakan bahwa dokumen tersebut bagus dan merupakan fakta sejarah tetapi kami tidak mengerti mengenai hal ini karena tidak berkompeten. “Lalu dia (Roy Suryo – Red.) melakukan penelusuran dan memberikan informasi apa yang tengah dilakukannya ke saya, meskipun memang tidak sepenuhnya,” ujar Heru.

Beberapa contohnya, menurut Heru, adalah ketika Roy menghubungi Mensesneg, Menkominfo dan Arsip Nasional. “Roy menyampaikan informasi tersebut ke saya. Hingga satu saat dia pernah mengajak untuk mempublikasikan ini bersama-sama,” imbuhnya.

“Namun tiba-tiba tanpa koordinasi atau pemberitahuan yang cukup sebelumnya, Roy Suryo membuat konferensi pers sendiri di Jogja. Padahal kalau dia konfirmasi lebih dulu ada beberapa hal yang bisa diluruskan. Misalnya informasi sumber dokumen yang sebenarnya bukan dari server Belanda,” ujarnya.

Nyolong start itulah yang menurut Heru, kemudian disesalkan oleh beberapa teman-teman Air Putih. “Tetapi juga bukan berarti Air Putih sakit hati karena Roy seorang diri yang mempublikasikan. Tetapi hanya kecewa karena dulu janjinya akan dilakukan bersama-sama di Jakarta hari Senin ini,” tukasnya.

Melalui ini Heru sekaligus ingin menegaskan, Air Putih bukanlah yang pertama kali mengetahui mengenai dokumen digital bersejarah ini. “File-file tersebut sudah lama beredar di Internet hanya sayangnya tidak sampai ke tempat-tempat terbuka atau tak banyak diketahui oleh publik,” tandasnya.  Ardhi Suryadhi – detikinet


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: