Suara Ayam Pelung

14 04 2007

suara-pelung.gifDengan tubuh yang relatif besar, jago ayam Pelung boleh dikatakan merupakan produk utama dalam pemeliharaan ayam Pelung oleh para peternak meskipun mempunyai manfaat lain seperti daging. Karakteristik suara yang bagus berirama tetelur yaitu suara yang mempunyai awalan, tengahan dengan nada suara sedang (kukulur) diikuti dengan nada suara berat/ besar (kukudur), dan akhiran yang melengkung tinggi (kukulir) dan ditutup dengan suara koook. Irama ini kurang lebih dipersamakan dengan nada Tembang Cianjuran.

Potensi untuk memperbaiki genetis ayam lokal lain

Ukuran tubuh yang besar memungkinkan untuk perbaikan pertumbuhan ayam-ayam lokal lainnya yang relatif berukuran lebih kecil. Pengujian potensi kinerja ayam Pelung ini dilakukan secara intensif di kandang penelitian Balai Penelitian Ternak Ciawi, Bogor. Tabel di bawah ini menunjukkan kinerja pertumbuhan ayam Pelung jantan dan betina yang dibandingkan dengan ayam Kampung pada pemeliharaan intensif (dengan ransum rata-rata 19% protein, 2850 kkal ME).

Potensi pertumbuhan sampai dengan umur 12 minggu, pada saat mencapai rata-rata bobot potong pemasaran saat ini, ayam Pelung jantan dapat dimanfaatkan untuk perbaikan mutu pertumbuhan ayam kampung, yang hanya mencapai sekitar 700-800 gram/ekor pada umur 12 minggu.

Tabel 1 di bawah menyajikan pertumbuhan mulai umur 1 hari sampai dengan umur 20 minggu (umur siap bertelur) berikut konsumsi pakan dan efisiensi penggunaan ransum secara kumulatif. Informasi pada Tabel 1 ini dapat dijadikan sebagai pedoman teknis dalam pemeliharaan ayam Pelung secara intensif. Sebagai contoh informasi konsumsi ransum, data pada Tabel 1 tersebut menunjukkan bahwa konsumsi harian rata-rata dalam 14 hari sampai dengan umur 2 minggu adalah 18 gram/ekor, sehingga untuk itu seekor ayam akan makan sekitar 14 hari x 18 gram/ekor/hari, sama dengan 252 gram/ekor dalam 2 minggu pertama.

 tag : pelestarian ayam pelung cianjur – budidaya ayam pelung cianjur


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: