Jalur Pariwisata Sukabumi Rusak

7 12 2005

Sukabumi  Selama beberapa tahun terakhir, pamor pariwisata di Kabupaten Sukabumi menurun. Selain karena turunnya daya beli, menurunnya minat wisatawan lokal dan mancanegara ke Kabupaten Sukabumi juga disebabkan oleh rusaknya infrastruktur jalan. Situasi ini diakui Wakil Bupati Sukabumi Marwan Hamami di sela-sela syukuran Hari Nelayan ke-46 di Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Kamis (6/4).

Peringatan Hari Nelayan diharapkan menjadi momentum untuk menarik kembali wisatawan ke kabupaten ini. Pasalnya, selama beberapa tahun terakhir ini tingkat hunian hotel dan jumlah pengunjung ke sejumlah obyek wisata turun.

Sebagian pengunjung yang masih datang sebenarnya juga mengeluhkan rusaknya infrastruktur jalan. “Kalau yang datang saja sudah mengeluhkan, berarti memang yang tidak datang ke sini juga memiliki keluhan yang sama. Saya sendiri juga merasakannya,” ujar Marwan. Marwan yakin, dalam dua tahun ke depan pariwisata di Kabupaten Sukabumi akan pulih setelah infrastruktur jalan diperbaiki. “Kita sedang mengusahakan perbaikan, tetapi tidak bisa dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Sukabumi sendiri. Semua lintasan yang rusak itu sebenarnya milik pemerintah pusat. Makanya, kita juga meminta kepedulian pemerintah pusat,” ujarnya.

Palabuhanratu

Perbaikan infrastruktur ini, kata Marwan, sekarang masih akan difokuskan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke obyek wisata Palabuhanratu. Sektor pariwisata di wilayah selatan Kabupaten Sukabumi akan menempati prioritas berikutnya. Namun, justru inilah yang sampai saat ini menjadi keluhan sebagian besar masyarakat Sukabumi bagian selatan, hingga menuntut dipercepatnya proses pemekaran kabupaten.

Padahal, tingkat kerusakan infrastruktur jalan di bagian selatan Kabupaten Sukabumi juga sama parahnya. Kerusakan itu terjadi di ruas- ruas jalan di sejumlah kecamatan, seperti Jampang Tengah, Lengkong, Waluran, Jampang Kulon, Surade, Ciracap, dan Tegalbuleud.

Kendati infrastruktur jalan masih dalam proses perbaikan, peringatan Hari Nelayan di Palabuhanratu diharapkan menjadi momentum awal seluruh proses peningkatan sektor pariwisata. Marwan berharap, rangkaian acara yang digelar pada akhir pekan dan satu hari libur nasional pada Senin (10/4) akan menarik pengunjung ke Palabuhanratu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat Budhiana berharap agar peningkatan sektor pariwisata di Sukabumi menjadi perhatian utama pemerintah setempat. Peningkatan sektor pariwisata tidak hanya akan menguntungkan para pelaku pariwisata, tetapi juga seluruh masyarakat. (aha)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: